Kembalikan ecu ke pabrikan motor masing 2 justru memakai satu merek yg membuat pabrikan eropa mendominasi skrg
@GalaxyA02s-tg6sq
3 күн бұрын
Tujuan aturan single ecu untuk memangkas cost di motogp plus konsesi agar persaingan lebih setara, tetapi pabrikan eropa bermain di aerodinamis yg mana butuh cost yg lumayan besar, disitulah awal pabrikan jepang tidak mau langsung ikut riset aero dll, karena tidak sesuai dengan tujuan awal diberlakukanya single ecu dan konsesi
@padhebas
3 күн бұрын
Benar, penerapan Aero jaman Dovi sering dibahas Komentator bahkan KZitemr Motogp. Ducati menggunakan part part aneh , ada yg di bawah Swing arm, di buntut motor, sayap se gede gaban di depan sampe hole shot device. Dulu nya aneh dan di omongin, nyata nya sekarang ikut pakai semua yg di buat Ducati. Secara pengembangan Aero pabrikan lain harus akui kalah langkah dengan Ducati.
@enitajia2428
4 күн бұрын
Gini ya min,honda dan yamaha telah mendominasi balapan motoGP sejak era 2tak sampai 4 tak dan gelar juara dunia pun tak tanggung tanggung jumlah nya..namun di sini yg kasihan itu pabrikan Eropa yang saat itu cuma stoner yg bisa bawa ducati juara dunia dan stelah nya Jepang tetap mendominasi.. Akhirnya timbul kesepakatan untuk penyeragaman ECU..dan itu berhasil bikin pabrikan Eropa percaya diri namun tetap aja Suzuki yg kembali masuk ke MotoGP menyabet gelar dunia di 2020 dan lagi lagi Jepang mendominasi..pada akhirnya Marques cidera dan absen 2 tahun baru ducati bisa merasakan kembali juara dunia 2kali lewat bagnaia..jadi bisa di bilang apa yg sudah di dapat pabrikan Jepang itu belum sebanding dengan apa yg di dapat pabrikan Eropa skrg.makanya pabrikan Jepang gak permasalahkan mesin mreka melempem toh di 2027 nanti mreka bakal kembali berjaya dngn mesin berCC baru, ECU baru dan winglet yg di batasi
@Zamzami-ku6xw
4 күн бұрын
Bisa d bilang bener bang ducati baru sekarang sekarang dominasi banyak
@namelesssumacher6966
4 күн бұрын
@@enitajia2428 nah ge setuju Komen lu objektif
@mynameis07
4 күн бұрын
Kasih paham cuiii
@indrakusnara
4 күн бұрын
2027 belum ada jaminan berjaya.
@peace-jv6gc
4 күн бұрын
@@Zamzami-ku6xwitupun dominasi ducati masih terbilang dikit kalo dibandingin sama dominasi honda😅
@OdiCheGuevara
4 күн бұрын
Demen bnget klo auto box moto kulik moto GP. Simple, akurat & edukatif....😂👍👍👍👍👍👍👍
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@farizalghifari1360
Күн бұрын
dimana mana bahasa pemograman yah pake bahasa pemograman dan itu bahasa inggris
@boimsenju5481
Күн бұрын
@@farizalghifari1360 🥱
@calonjenazah8116
3 күн бұрын
terlepas dari segala bentuk kontroversi dan skandalnya (jika memang ada) intinya semua pabrikan jepang ga mampu membalas tantangan dari terus berkembangnya zaman, aturan dan juga teknologi. toh, alasan dorna cukup masuk di akal bantah dulu argumennya, baru cari alasan lain sebagai panitia, apapun kompetisinya mainjobnya kan sebisa mungkin mengatur kesetaraan aturan dalam aspek apapun, sebanyak mungkin supaya adil, seadil-adilnya bagi semua peserta (tim) mau itu tim dengan budget gede atau kecil, semua bisa bersaing dengan peluang yg sama klo kita bicaranya pabrikan, brarti bisa kita abaikan skill pembalap anggaplah skillnya sama persis atau pembalapnya sama semua (kage bunshin nojutsu) trus kita generalisir saja jadi 2 pihak pabrikan eropa - pabrikan asia dulu, aturan lama eropa : +lurus, -tikungan asia : -lurus, +tikungan bobotnya sama kan tapi balik lagi, ke tujuan dorna mengenai aturan single ecu sekarang, dengan "tantangan" dari dorna itu eropa : +lurus, +tikungan asia : -lurus, +tikungan kan jelas siapa yang ga berkembang, siapa yg ga adaptif, siapa yg emang udah ga kompetitif.. jangan beralasan "oh ini merugikan kami, kita perlu pengembangan riset bla bla bla sgala macem" dipikir pabrikan eropa ga perlu adaptasi 🙆 aturannya sama, tantangannya sama diterapin ke semua tim, diwaktu yang sama pula
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@kokotrilaksono3647
3 күн бұрын
Kalo opini saya sih terkesan memangkas kelebihan pabrikan jepang dan memanjakan pabrikan itali, Kelebihan pabrikan jepang kan dalam ecu inhouse mereka, mereka kudu rela pakai ecu magneti mireli yg mana itu kemunduran bagi pabrikan jepang, sedang tim itali sejak dahulu emg ecu itu yg mereka pakai, Tim itali ngembangin winglet meski sempat ada protes tetep dibolehin sampai sekarang motogp bentuknya aneh,. Pun dorna gak nyeragamin sistem katup jadi pnumatik semua, Ya kan sementara tim jepang sibuk ngulik ecu tim itali udah ninggalin ngeriset winglet yg mana itu kek tanpa hambatan.
@boimsenju5481
3 күн бұрын
@@kokotrilaksono3647 itu nama nya teknik jahudi 🥱udah gak aneh gak usah kaget. Alasan biar irit pengembangan, tapi kan tujuan balapan GP itu buat pengembangan 😂
@calonjenazah8116
3 күн бұрын
@@kokotrilaksono3647 betul.. garis besarnya alasan kita sebagai sesama org asia kan emang itu2 aja dari dulu • balapan asia.vs.eropa • masa ecu nya dari pabrikan eropa juga, nguntungin mereka dong • mengkebiri keunggulan asia di tikungan itu2 terus kan yg ada di opini kita (?) klo slalu ecu yg mau dijadiin alasan coba kita liat ke blakang.. yg namanya aturan, kan ga mungkin juga diumumin H-1 race pasti aturan untuk musim taun depan, disosialisasiin sngganya taun ini itu brarti smua tim punya waktu panjang untuk riset dan pnelitian.. ecu itu otaknya smua elktronik di motor kan, logikanya klo otaknya dicabut motor ga akan bisa idup (?) dipasang lagi baru bisa seandainya nih seandainya.. pas hari H, sbelum warming up smua tim, pembalap, dan motornya di jejerin trus dorna bilang gini : "gw mau make aturan baru, ni gw bagiin ecu ke smuanya lepas ecu internal pabrikan" klo seandainya kejadiannya kya gitu trus performa pabrikan asia langsung mrosot tajam di musim itu wajarlah terus2an nyalahin ecu.. smentara.. ini aturan single ecu itu sjak kapan (?) 2016 klo ga salah 2016 siapa yg juara (?), 2017 siapa, 2018 dst siapa.. di awal2 pnerapan singgle ecu, pabrikan jepang itu masih kompetitif... ksini-sini nya makin jeblok makin ancur, itu brarti cuma ada 2 kmungkinan : • pabrikan eropa yg terus berkembang, atau • pabrikan jepang yg jln di tmpat simple kan (?) memang.. MotoGP skarang udh sangat ngbosenin lebih mirip DucatiCupChampionship tapi ini kan MotoGP.. motor yg dipake itu prototipe bahkan (mungkin) berat baut aja diatur klo nuntut "kebebasan" ya brarti mental dan pola pikirnya WSBK dong (?)... yg udh jelas make motor yg pabrikan jauh lebih bebas RnD nya
@calonjenazah8116
3 күн бұрын
@@boimsenju5481 brarti solusinya : engineer jepang kudu kursus bhsa italy dulu
@padhebas
4 күн бұрын
Sejak Single ECu diberlakukan 2016, dan Single Ban Michelin , Pabrikan Jepang masih pegang juara dunia nya. 2016, 2017,2018,2019 (Honda -M Marquez) 2020 (Suzuki - J Mir) 2021 (Yamaha - F Quartararo) 2022,2022 ( Ducati - F Bagnaia) Ducati juga masih sering di belakang sejak Gigi Delligna jadi Manager Ducati Corse 2014 , dan Gigi mulai memimpin arah pengembangan Ducati. Dan dengan konsesi 2017 buat Ducati bisa ada 8 motor Ducati di track sangat menguntungkan Ducati. Pendapat saya , motor yg sekarang berada di jajaran depan seperti Ducati , Aprilia, KTM karena memang ada upaya pengembangan motor dgn banyak referensi data pembalap. Tidak seperti Honda dan Yamaha yg menggunakan referensi 1 pembalap. Serta Ducati menutupi kekurangan dgn menambah part part yg dulu nya Aneh oleh Ducati , ternyata sekarang di contoh pabrikan lain. Tidak bisa di tolak juga jika tanpa pembalap yang bagus , motor juara tidak bisa di ajak berdansa di Track untuk merebut titel juara tiap musim nya.
@lunascomments3024
4 күн бұрын
motor jepang menang murni karena pembalap pembalapnya. sedangkan motor eropa seperti ducati menang karena bantuan regulasinya. coba aja regulasinya di normalkan semua pakai inhouse ECU. udah ampas itu 8 motor ducati.
@dionmanaloee
3 күн бұрын
Menurut saya analisanya masih kurang tepat sasaran terutama terhadap siapa yang masih pegang gelar setelah penyeragaman ecu, Alasan pabrikan jepang itu masih juara dunia sampai 2021 Cuma ada 2 : 1. Prime Marc Marquez 2. Rider Ducati tidak ada yang konsisten dalam perebutan gelar Soal teknis dan motor, Pabrikan Jepang udah bermasalah dari penyeragaman ECU seperti yang video ini jelasin Jadi Ducati dan pabrikan Eropa lainnya belom dapet momentumnya aja waktu itu
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@spilnerray
3 күн бұрын
Yamaha udah pake magnetti marelli thn 2012
@padhebas
3 күн бұрын
@@spilnerray oh... Baru tau. Thanks infonya .👍
@Ryoxfd3s
Күн бұрын
Satu-satunya pabrikan Jepang kemarin yang masih bisa menyeimbangi Ducati yaitu Suzuki, tapi sayang udah keluar sejak 2022
@ENTRYCorner
Күн бұрын
kalau ECU tidak seragam, Dominasi honda & yamaha sulit untuk ditandingi ducati & pabrikan eropa lainnya
@sandisandii3028
2 күн бұрын
Ecu tunggal memungkinkan nenguntungkan ducati karena eccu magneti mareli dari itali Saya kira masuk akal jika ada sesuatu di belakangnya
@andrikurniawan2041
3 күн бұрын
ya kalau pakai ecu dari pabrikan masing" pabrikan jepang akan tetap tertinggal lagi karena mereka akan membangun ecu dari nol lagi dan menunggu waktu lagi untuk pengembangan dan perlu di ingat peraturan single ecu ini masih pabrikan jepang yg banyak memenangkan gelar juara dunia
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@padhebas
3 күн бұрын
@@boimsenju5481 masa masalah bahasa sampe sekarang ga bisa terjemahin bang?. Semalam juga kelar kali pake google translate. Apa motor jepang nya yg ga paham bahasa Italia? Tapi motor KTM bisa tuh ngikutin di depan? Berarti motor eropa bisa paham 2 bahasa ya bang.
@boimsenju5481
3 күн бұрын
@@padhebas ini lagi anak baru ngerti motor aerox aja berisik banget. Belajar dulu sana biar tau ECU ducati pasang di BMW bisa gak.
@padhebas
3 күн бұрын
@@boimsenju5481 😁😁😁😁 kocak emang
@boimsenju5481
3 күн бұрын
@@padhebas nah itu ngerti, teknik jahudi nama nya, kalau jahudi kalah main jujur yah main curang sampai menang. Gitu aja gak ngerti
@AgungWahyudi90
26 минут бұрын
Sempet mikir kenapa gak bikin aturan kayak F1, kasih batasan pengeluaran tapi diberi kebebasan. Tapi kembali ingat ini MotoGp, dimana tim satelit bukan tim privater kayak F1 yg bisa bikin mobil/chassis dan teknologi sendiri. Wajar aja single ECU pilihan logis buat balapan jadi kompetitif. Honda & Yamaha gak bisa adaptasi ECU ya salah mereka sendiri, gak mau belajar
@muhammadhardianto2267
2 сағат бұрын
Ducati diuntungkan banget, karena sebelum aturan single ECU, ducati emang udah make ECU dari magneti marelli
@wahyueko7804
4 күн бұрын
Single ECU itu sama dengan single ban… yang dimana dapat meratakan semua kemampuan motor… jadi ya lucu aja jika hal seperti ini, kembali di permasalahkan. Karena yang namanya kompetisi itu pabrikan di tantang untuk membuat motor secepat mungkin dengan segala batasan regulasi yang ada.
@ns_icy9677
4 күн бұрын
Denger denger tahun depan pake pirelli ya, mari kita lihat apakah ducati bisa dengan pirelli nya atau malah makin overpower
@omambiyik5309
4 күн бұрын
《《 ECU = ban 》》😂
@maou_ageha
4 күн бұрын
Dasar logikanya yg dimaksud sama. 🙄🙄😏@@omambiyik5309
@didinkomarudin6496
3 күн бұрын
Nggak bisa disamakan brother.. apalagi ECU magneti mareli sudah biasa dipakai oleh pabrikan Eropa terutama Ducati
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@yusufrafif7782
Күн бұрын
Justru jaman awal penyeragaman ecu, yg juara bisa sampe 6 - 8 rider berbeda tiap race nya.
@satbudwib5673
3 күн бұрын
Jika Honda trus terpuruk, bisa bisa honda cabut dr motogp 😮
@yogawisnuw9659
4 күн бұрын
Ducati yg sekarang bisa mengerem sangat dekat ke tikungan dan mampu ber akselerasi sangat cepat keluar tikungan, karna itulah ducati sekarang terlihat sangat cepat saat melewati tikungan..
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@aflahhidayat128
4 күн бұрын
Gini aja.. pabrikan eropa suruh pake ECU magneti marelli.. pabrikan jepang suruh pake ecu masing masing.. 😂😂😂😂
@GundamZeroTwo
4 күн бұрын
Nahh setuju
@maou_ageha
4 күн бұрын
Naaahhhhhhhhhh. Setuju gueeehhh Jadi biar jelas, kalo ducati menang karena memang melawan. Bukan mengebiri lawan. Asimo sama motobot auto join the chat bruuhhh 😎😎😎
@omambiyik5309
4 күн бұрын
Ya mencret2 lah dducati
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@saktikera8512
3 күн бұрын
Bagaimana kalo semua pake ecu negara netral aja bang, pake ecu BRT juken 😂
@Shakila543_yn-54_yu_hm
Күн бұрын
Setuju sihhhh dari pd aero, ECU yg paling membunuh pabrikan Jepang
@ekadwianggara9199
3 күн бұрын
Singgle tapi yang digunakan Magneti Marelli. Wich is kebetulan sekali adalah elektronik yang telah dipakai Ducati.
@dhanisatya8795
Күн бұрын
Magneti Marelli dipilih karna dia ECU bagus buat balap dan dia memafsilitasi banyak Balapan, setau sy F1 juga, dan ya konsep MotoGP ini kan jg selaras sm F1 yg mana motor prototype, jd gausa kaget kl inovasinya masif, kl mau ya balik kaya dulu Honda Yamaha ya harus survive, toh dr dulu 2 pabrikan itu jg jd pusat perhatian atas manajemen rider yg mana selalu fokus 1 rider dan banyak kasus rider ke 2 selalu jrg mendapat perhatian
@ekadwianggara9199
Күн бұрын
@@dhanisatya8795 kata bagus susah diukur. Bagus yang dimaksud apakah sama dengan efektif? Ataukah efisien? Apakah yang terjangkau? Apakah lebih simpel lebih bagus? Bagus untuk siapa? Banyak elektronik "bagus" di dunia balap, McLaren bagus, Siemens bagus, bahkan Bosch juga bagus. Seingat kami, elektronik Honda dan Yamaha waktu itu lebih canggih dengan menyediakan fitur dan pengaturan yang lebih fleksibel. Namun lebih mahal dan tertutup sehingga susah dikejar pabrikan lain. Kami mengerti apabila Dorna melakukannya demi keadilan. Pertanyaannya, dari banyak elektronik bagus kenapa yang dipilih adalah mitra Ducati?
@dhanisatya8795
Күн бұрын
@@ekadwianggara9199 konotasi “pengaturan lebih fleksibel” itu spt apa, kl dr kacamata pabrikan yg membuat jelas sama aja boong, krn arti kata fleksibel yg tercantum tsb tentunya tidak dpt dirasakan oleh pabrikab lain, jd kata tersebut sebaiknya ga diikutkan dlm sebab pergantian regulasi, tp yg pasti adanya pergantian regulasi yg sy tau bukan desakan dari Ducati saja, krn Dorna pun melihat adanya ketimpangan dalam kompetisi yg mereka buat yg menimbulkan kesan monoton, makanya ada pertimbangan tersendiri ole Dorna, krn dlm kacamata mereka Motogp adalah bisnis dan dlm kacamata kita Motogp hanya sebuah kompetisi semata. Kl dinilai bagus atau tidak bagusnya, bagus disisi mana jelas gaada data valid atas hal tsb, krn penyelenggara pun pasti ada pihak pemberi keputusan yg jg melibatkan engineer yg baik dlm kedua belah pihak, BOSCH bagus, SIEMENS bagus, tp kl keputusan ya jelas kita ga akan tau apa alasanya
@radensigit29
2 күн бұрын
masalah ecu ini memang menggelikan. ibarat kelebihan pabrikan jepang di kebiri. sementara pabrikan EROPA yang memang dari dulu menggunakan ECU MAGNETI ini di untungkan. pabrikan jepang jalan di tempat, pabrikan eropa mulai maju. kenapa tahun-tahun sebelumnya pabrikan jepang masih mendominasi?? jawabannya simpel, karena pabrikan jepang saat menggunakan ECU sendiri, mereka sudah jauh meninggalkan pabrikan eropa. jadi saat menggunakan ECU MAGNETI, mereka jalan di tempat dan masih bisa mendominasi tapi lama kelamaan terkejar juga pada akhirnya dan di lampaui. sementara itu pabrikan jepang tidak bisa mengejar karena keterbatasan ECU, karena tentu saja MESIN jeroan nya beda sistem dengan mesin eropa. ibarat pabrikan jepang itu menggunakan android flagship tapi OS nya jaman batu.. kemampuan mesin nya tidak maksimal dan harus downgrade mesin tiap tahun agar sesuai, kalo tidak ya error terus. sementara pabrikan eropa mesin jebot OS jebot merangkak maju bersama, penyesuaiannya sudah ketemu. sementara pabrikan jepang harus terus downgrade menyesuaikan dengan ecu di tambah pernak pernik winglet. gimana gk pusing coba wkwkwkwk
@animecute3716
Күн бұрын
ini baru menanggapi setelah channel lain ikut ikutan gema kan hal serupa. bocor an dari team suzuka cs bikin garuk garuk kepala... sudah beberapa tahun lewat, tidak ada kabar penambahan sensor sensor ke ecu eropa itu? kedua, peniadaan ride hide device (ber ecu) dikeluhkan oleh team eropa. ketiga, agak susah memahami ecu yang membasahi putaran putaran mesin track lurus/ exit cornering dari pada mesin yang memproses lebih banyak cfm. salam
@adissutr9232
18 сағат бұрын
Performa Yamaha menurun setelah Lorenzo & Dovi minggat, dan Rossi makin tua. Sementara performa Honda turun setelah Pedrosa pensiun dan Marc cedera. Kalau penyebab utamanya karena ECU, kenapa Suzuki masih bisa bersaing? Lebih lanjut pabrikan jepang saat itu agak kurang terbuka dengan tim satelitnya, berbeda dengan pabrikan eropa yang gak ragu ngasih motor spek yg sama ke tim satelitnya, bahkan bisa share data masing² (terutama Ducati) dan sebagai tambahan, performa Ducati mulai membaik setelah Audi join, Lorenzo join, dan Ducati mulai fokus di part aero
@salsalsalsal789
Күн бұрын
Begini lho masalahnya...ketika ducati sudah mengikuti peraturan Dorna dengan single ECU yamaha dan honda menolak sampai lebih dari 1 musim makanya mereka ketinggalan setidaknya 1 musim data
@fajarsetiawan2965
2 күн бұрын
kalo nyang ga tau ECU....simpelnya ECU itu kalo buat kendaraan karbu namanya CDI di kendaraan injeksi sudah pake ECU
@rivanmaulanamalik7936
17 сағат бұрын
Yuk ducati, aprilia, ktm bikin kompetisi aja sendiri. Gausah ajak pabrikan jepang, kebanyakan alesan, memang sulit mengaku "kami kalah bersaing dan kurang inovasi" ducati 2 gelarnya kasih aja ke yamaha atau honda, kaya bocah maunya menang mulu. Tujuan komen ini untuk menyinggung fans fans honda yang sudah terbiasa menang dan maunya didepan terus.
@bujangmaya
3 күн бұрын
ECU magnetti marrelli.. konspirasi eropa mengalahkan jepang
@unitedbyron6554
3 күн бұрын
BETUL
@wahyueko7804
3 күн бұрын
@@bujangmaya padahal motor jepang jauh lebih banyak jurdun.. gak pernah ada yg komen begini..
@acujaljalut4884
Сағат бұрын
itu sangaaaaat betulllll..pabrikan eropa kalaaah jauh dengan pabrikan jepang
@WolezAjabro
4 сағат бұрын
Kalau suzuki bisa adaptasi single ecu kenapa honda yamaha tidak, padahal enginer suzuki sebagian sudah di rekrut honda yamaha, itu karna dulu manajer suzuki davide brivio di beri hak penuh oleh pabrikan utk pengembangan mesin dan aero. Situasi berbeda di honda yamaha yg masih pakai prinsip orang jepang yaitu harus patuh pada atasan
@AdieSuryaman
3 күн бұрын
Pantesan vespa jdul lebih enak pake cdi jepangan.dri pda cdi ducati energia.
@maszaenk
12 сағат бұрын
Ducati udah pakai ECU buatan magnetti sebelum aturan ini diberlakukan ditambah lagi musim 2015 mereka rekrut orang magnetti langsung.
@acujaljalut4884
Сағат бұрын
ecu magneti marelli yaa mgk sudah ada kongkalikon gdg pabrikan eropa...emang sbaiknya dikembalikan k masing pabrikan jadi lebih fair...siapa yg jago dlm pabrikan
@arrivalns6125
4 күн бұрын
saya pada posisi netral, satu sisi penyeragaman ecu ini bagus karena tujuannya untuk membuat kompetisi makin seru karena kemampuan motor bisa jadi setara (kecuali yamaha karena pake i4). kemudian seperti ban juga sama karena beda ban beda kemampuan jadi akhirnya di seragamin juga. terlebih jika anggapan saat ini single ecu mau bikin pabrikan jepang kalah saya rasa tidak juga, toh sejak 2015 diterapin ini honda juga yang dominasi juara, 2020 Suzuki, 2021 yamaha, baru sisanya sampe sekarang ducati, itupun ducati sudah sejak berapa tahun lalu kembali juara nya juga sekarang. berarti masalah saat ini bukan pada sektor ecu, melainkan sektor aero dan arah pengembangan, dapat kita liat pada yamaha dan Honda masalahnya adalah pada spek motor, seperti mesin, aero dan elektronik yang tertinggal dsri pabrikan Eropa, bukan pada ecu nya banget. memang betul secara kontra nya ini juga ada benarnya karena secara tidak langsung pabrikan yang sebelumnya pake magnet marelli seperti ducati jelas menguntungkan karena emang sudah pake sejak lama dan gak perlu riset lagi. tapi dengan ini juga Jepang masih bagus kok bisa jurdun juga jadi saya rasa penyeragaman ecu ini tidak begitu bermasalah namun tetap menimbulkan masalah. meskipun begitu saya juga tetap berharap nya untuk aturan ecu ini dibuat inhouse aja gak perlu seragam karena dengan begini kesan 'prototipe' di mata saya lebih masuk akal karena semuanya benar benar racikan masing masing pabrikan untuk motor mereka.
@namelesssumacher6966
4 күн бұрын
@@arrivalns6125 justru single ECU itu batasan paling optimal, tinggal inovasi Apa yg hrs dibuat,pinter baca regulasi, skrg semua ngikut pake part aero yg jujur gw ga suka tp Ducati di untungkan krn mtr mereka yg trllu liar,sdng jepang sdh tdk punya inovasi cm bs ngikut Ducati efeknya jls tdk cocok,krn tiap pabrikan punya racikan dasar masing2 tp ga dioptimalkan itu slhnya jepang,krn krn mereka Dari dl terlena cm buat mtr yg sama cm obah2 dikit, mereka lupa teknik balap skrg,udh beda jauh, cornering skrg bkn cm miring tp tiduran itu yg Ducati pelajari top speed bkn Hal utama tp balance mtr yg mereka fokusin
@ahkkomreuh4017
3 күн бұрын
Sebelum ada aturan singel ECU atau tahun 2000 an. Udah biasa kalau ada pembalap ketinggalan satu lap.. Gue bilang ini orang mau balapan atau cuma mau ngitung belokan 😂😂....
@rhadeniz
4 күн бұрын
Alasannya biar memperkecil biaya?biar tim kecil bersaing?apakabar Honda Yamaha,trackhouse?Honda Ama Yamaha tajir aja kesusahan apalagi trackhouse,lagian single ECU kok pake magneti marelli,yg udah sama Ducati dan motor" eropa,harusnya dari pabrikan yg netral
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@spilnerray
3 күн бұрын
Yamaha thn 2012 udah pake magnetti marelli
@wahyueko7804
3 күн бұрын
@@rhadeniz sekarang honda dan yamaha gak mau ngasi ecu nya untuk di pakai pabrikan lain.. ya udah magneti marelli yang di pilih. Jadi awal aruran singke ecu ini dimulai dari pabrikan jepang yang tidak mau membongkar ecu nya untuk di homologasi.
@saifulfahmi1109
4 күн бұрын
Oke sekarang Ducati mendominasi, tapi jarang sekali terjadi salip menyalip, dulu Yamaha dan Honda mendominasi tapi tapi lebih seru karena banyak terjadi salip menyalip, mungkin itu bedanya menurut saya
@namelesssumacher6966
4 күн бұрын
@@saifulfahmi1109 kl Tau aredinamika,itulah faktor utama td ad aksi salib menyalib,kl Tau balap F1 jg sm mknya regulasi aerodinamika floor,winglet,sidepod, dll,diubah spya ad aksi salib menyalib, nah Ducati pelopor teknologi itu di MotoGP itulah kunci kemenangan Ducati. Mereka tdk focus top speed tp handling cornering in out
@naynumjp1470
2 күн бұрын
waduh...top speed ducati masih tertinggi di kebnyakan sircuit.walau di beberapa sircuit kalah sama ktm dan aprilia...@@namelesssumacher6966
@Alwie-cn9jc
Күн бұрын
Dulu waktu regulasi single ECU diterapkan HONDA BAHKAN SAMPAI menebar ancaman mau cabut dri MOTO GP. Mungkin honda waktu itu udh terasa bakal spt apa performa team HONDA kedepannya
@yogapramono8102
Күн бұрын
Karna mereka udah punya racikan rahasia sendiri. Dan mereka menyadari dampaknya jika pakai ECU seragam.
@kakumeidash
4 күн бұрын
menurut ane justru bagus sih ada aturan2 begini, jaman sekarang mah apa2 dibantu elektronik malah jadi uda ga seru. macam anti standing lah, traction control, launch control, katup throttle body elektrik by wire, dll dll.. teknologi curang2 semua itu.. bikin kemampuan murni si pembalap jadi gak terlalu kepake.
@aflahhidayat128
4 күн бұрын
Kurang greget bro😂
@kakumeidash
4 күн бұрын
yoi bro.. kalu kata bang Yayan mad dog sih seperti begitu bro..
@WahonoAnton
4 күн бұрын
It is not a prototype if you use a standard ECU, because each engine has different properties and characteristics.
@JalawiPendem
3 күн бұрын
motogp sekarang full elektronik. tapi regulasi baru sejak 2016 single ECU membuat pabrikan jepang harus merubah motor sesuai regulasi tapi harus bisa menang. contoh honda, dulu menggunakan mesin screamer setelah pakai single ECU mereka membuat mesin big bang itupun harus membawa teknisi dari magneti mirelli ( Filipo Tosi ) untuk menangani bagian elektronik. karena itu saya menganggap motogp sekarang tidak lagi ajang balap motor prototype karena terhalang peraturan dari dorna motosport. sebagian penggemar motogp memang berbeda cara menikmati balapan motor kelas dunia yang satu ini, kalau saya lebih suka motogp yang dulu masih original, setiap komponen dari pabrikan hasil racikan teknisi masing masing. dulu YAMAHA bangkit sejak di pegang the doctor #46 menjadi motor yang bagus dan lincah serta bisa juara dunia juga saat di bawah #99 saya sih masih suka motogp saat ini. karena saya menonton motogp sejak dari SD....
@wahyueko7804
3 күн бұрын
@@JalawiPendem single ECU justru membatasi/menyeragamkan elektronik.. apapun motornya. Komputer mesin motor ya sama.. itu intinya regulasi single ecu. Dan justru sejak ecu sama ini kekuatan motor jadi sama.. masih ingat dgn era 800cd dimana rossi vs stoner duel di laguna seca.. stoner jatoh saat itu. Tapi masih bisa finis ke 2.. saking jauhnya jarak motor2 saat itu.. sekarang dgn aturan baru jarak antara p1 - p20 hanya 30 detik di garis finis. Dimana dulu banyak terjadi overlap.. memang betul pabrikan jepang tertinggal saat ini. Tapi tidak sejauh seperti tim tim papan bawah di era 800cc atau awal 1000cc yang bahkan sampai di overlap.
@JalawiPendem
3 күн бұрын
@@wahyueko7804 mungkin itu sebabnya stoner pensiun bang. semua di kendalikan elektronik, apalagi perangkatnya sama.
@omwied10
4 күн бұрын
Masalah pabrikan jepang khususnya Yamaha bukan melulu soal ECU seragam....tapi lebih ke kondisi psikis pembalap nya yang mata nya silau akan top speed...pembalap nya ber pikir kalo top speed tinggi gampang menang....tapi pembalap nya gak paham jika top speed tinggi ada hal yang di korbankan yaitu handling... Yamaha selama ini selalu unggul di handling (corner speed)...2022 dengan kondisi motor yang kurang top speed berhasil juara di beberapa seri MotoGP..hanya karena pembalap nya hilang konsentrasi makanya gelar tidak bisa di pertahankan. Yamaha sekarang harus kembali ke DNA awal nya yg unggul di handling (corner speed).
@bosmagetan5106
4 күн бұрын
Masalahnya tidak sesederhana Yamaha kehilangan keunggulan handling mereka. Motor Yamaha secara umum semakin cepat setiap musimnya klo dibandingkan lap time nya, Yamaha yg sekarang masih lebih cepat daripada Yamaha ketika mereka bersaing untuk kejuaraan. Hanya saja pabrikan Eropa terutama Ducati sudah menemukan cara memperbaiki handling motornya dg adanya part Aero dan setup suspensi tanpa harus mempenalti keunggulan di top speed. Sedangkan Yamaha belum menemukan cara untuk menutupi defisit mereka dari pemakai mesin V4 tanpa harus kehilangan keunggulan handling
@antarachannel8122
3 күн бұрын
Kalau hanya mengandalkan corner speed juga sama tampa top speed itu juga sama.. Motogp tahun 2022 fabio yang poin sudah unggul jauh dari pecco, malah poinnya disalip lagi oleh pecco. Karena M1 yang kurang top speed dan hanya mengandalkan corner speed.
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@naynumjp1470
2 күн бұрын
quartararo 2022, bahkan toprak 2022,2023..selalu KO sama ducati karna kalah akselerasi top speed..klo hanya ngandelin corner speed ducati sudah ngimbngin yamaha keceoatan corner y..tapi masalah y pas kluar tikungan yamaha langsung di tinggal sekebon..😅😅..itulah yg membuat quartararo dan toprak prustasi minta naikin top speed..
@cyberfam20
4 күн бұрын
Ya lucu aja pakai single ecu. Sekalipun pabrikan jepang tetap kalah dgn ecu pabrikan mereka sendiri, harusnya ecu tetap menggunakan milik masing2. Kenapa? Krn ini tidak sekedar balapan, tapi juga perang teknologi. Disaat pabrikan bersaing mengunggulkan teknologi mereka masing2, e malah disuruh pake ecu seragam. aneh kan? sekalian aja buat one make race 😂
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@wahyueko7804
3 күн бұрын
@@cyberfam20 pingin full teknologi.. tapi di sisi lain malah minta aero, holshot device, dan elektronik di kurangi… memang gak konsisten sebagian fans motogp ini😅.
@cyberfam20
3 күн бұрын
@@boimsenju5481 ibarat ada perlombaan buat robot, tiba2 otaknya ditentukan panitia 😂
@boimsenju5481
3 күн бұрын
@@cyberfam20 yah gimana lagi 🥱 teknik jahudi itu nama nya
@irwaniwan5050
2 күн бұрын
Teknologi ecu.y.udah ketinggalan 10.tahun kata.rossi
@andistabat7016
4 күн бұрын
smoga yamaha dan honda keluar dari mottogp...biar dorna kelimpungan gak seenaknya bikin aturan..🤣🤣🤣🤣🤣
@fridayeka4082
3 күн бұрын
Menurutku aeronya juga lumayan berpengaruh untuk ducati biar cepet di tikungan
@Ala_mak
Күн бұрын
Bukti bahwa barat takut asia berkembang pesat
@firemustang6678
3 күн бұрын
Sya lebih suka era sekarang, lebh kompetitif.... Dominasi jepang bisa dikikis, membuktikan bahwa motor Eropa juga ada didunia ini dan bisa kompetitif
@siputsedut690
4 күн бұрын
Fuse box,auto box,,,terbaik,salam dari upin ipin.
@fadlullahfad6824
Күн бұрын
Ya wajarlah,,, Yg pertama ecu manetti marelli sudah duluan di cicipi ducati sementara honda 7 thn kalau gk salah telat menggunakan sebelum aturan ditetapkan. 2 ecu itu penya italy (eropa) ya mereka gk mau bertekuk lutut dong di bawah sekelas jepang, padahal teknologi jepang khusus jerman yg bisa saingin eropa lain mah belum bisa. Alahhh gk usah dipikirin ya, begitulah dorna mengatur ajang ini supaya kita yg menikmatinya seru, warna warni, kadang menang kadang kalah, biar seruuuu!!! F1 begitu juga,
@danuajiful
2 күн бұрын
Semua dinamis, kalah ya kalah aja. Kejar ketinggalan, jangan " buruk muka cermin dibelah"
@nandar-5927
2 күн бұрын
Regulasinya tdk menguntungkan, coba di kembalikan seperti dulu, gk bakalan ada Aero fairing aneh2 seperti era sekarang, motor jadi jelek tampilannya karena mengejar Aero dinamika supaya traksi ban bisa baik
@danuajiful
2 күн бұрын
@@nandar-5927 😂😂😂 balik saja era 50 cc, pakai 16 gigi percepatan. Gak perlu aero, gak perlu michelline, gak perlu pengamanan circuits. Jaman bergerak ke depan, bukan ke belakang
@Mercurhochrome
2 күн бұрын
juara krn penyeragaman ecu klo nggk mna bisa juara
@mamahazka-lw4jp
Күн бұрын
ducati di untung kan dengan regulasi single ecu ini
@ahmadbarzi2498
4 күн бұрын
Ban juga masalah, dari dulu masalah grip mulu. Ditinggal marq honda baru terasa, fabio jg ga bisa gendong yamaha lgi krna cornering speed eropa mulai bisa bersaing.
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@agusgunawan3482
3 күн бұрын
itu bener..dulu rosikil pernah ngototnmintannpake ban Bridgestne Batllax...krn Caaey Stone rsering menang dan bikin rosikil nyungsep...untung Lin Jarvis menolaknya. usulan ini punah akhirnya..rosikil konyol dalam bberpa hal, merasa senua hal bisa di minta...seoeeri ban sponsor kompetisi, di minta ganti ban Michelin , mau bayar berapa juta Euro?
@arieepbudhie1528
3 күн бұрын
Ducati udah lama pakai ecu magnetti marelli utk motornya,ketika ada aturan single ecu pakai magnetti marelli ducati sudah terbiasa
@herikusdianto5974
3 күн бұрын
Aprilia juga udah lama pakek ecu MM,tapi kok gak segahar Ducati???
@Valdogege-x4b
3 күн бұрын
@@herikusdianto5974mesin ducati desmo dromic bg beda sama aprilia
@herikusdianto5974
2 күн бұрын
@@Valdogege-x4b desmo + ecu mm dengan mesin aprilia + ecu mm bedanya apa???
@greatwinter6353
4 күн бұрын
ada yg kelupaan min, ducati udah pake magneti mareli dr debut motogp 2003. di era ketika data adalah segalanya, taulah ending nya bagaimana,,,,
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@spilnerray
3 күн бұрын
Yamaha thn 2012 udah pake magnetti marelli
@sarjana_ekonomi
2 күн бұрын
saya tidak paham, kenapa musti pabrikan jepang yg harus menang? trs kalo pabrikan eropa yg kalah wajar gitu? saya justru lebih mendukung kalo makin banyak pabrikan eropa yg ikut moto gp, contoh bmw, mv agusta dll
@sonyxperial3
3 күн бұрын
saya pribadi setuju2 aja sih misal nanti diseragamin aja ecu, ban, shockbreaker, rem, knalpot jd pabrikan nanti main nya di mesin, aero, sasis sm swingarm aja apalagi klo misal nanti sasis jg diseragamin, dan semua pake v4 tinggal masalah pembalap sm setup aja 😂🤣
@SupSic.58
3 күн бұрын
Adek² yg jadi ormas pembalap motogp yg kurang kompetitif selalu ngeluhin single ecu dan perangkat aero.... Tolong cerdas dikit ya, cari tahu dulu apa arti dan fungsi regulasi, juga siapa yg menerapkan regulasi....baru menuding dan mengeluh supaya tidak mengumbar argumen yg ga ada mutunya kalau membahas single ecu.... Setidaknya cermati narasi di video ini....😅😅
@klepmx
3 күн бұрын
...yg paling pengaruh buat Yamaha pelan2 keunggulan satu2nya M1 di tikungan udah kalah telak sama motor v4 plus aero seabreg dimana motor v4 udah unggul di trek lurusan didukung ride height adjuster bikin ngacir lagi tambah keok m1. Klo Honda salah arah pengembangan yg dulu mamakes sentris giliran mamakes absen 1 musim gara2 cedera jd bingung Honda ngarahin pengembangannya kemana. Dan sampe sekarang jg masih bingung mao dibikin gimana ini motor biar kenceng biar ga sunmori an di belakang wkwk
@naynumjp1470
2 күн бұрын
sekarang yamaha udah gak punya keuggulan buat menang, top speed kalah,di tikungan kalah,akselerasi kalah...klo dulu klah di trek lurus tapi menyerang balik pas melibas tikungan ..klo sekarang jadi keong..
@afriandinasti9434
3 күн бұрын
Coba singel ECU pake punya jepang (Honda atau Yamaha ) jangan punya Ducati lah, ban pake merk Jepang, kan shockbreaker ohlin sama rem brembo udah dari Italy
@rudyardiansyah
3 күн бұрын
Karena ecu ducati dari dulu pake magneti mareli....mereka kan satu naungan....gitu paman
@nocturialhighlight2252
4 күн бұрын
bahas yamaha yang mau pake mesin V4 juga di motogp dong min. keuntungan dan kerugian yang kemungkinan yamaha dapet nanti.
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@nocturialhighlight2252
Күн бұрын
@@boimsenju5481 banyak yang bilang juga gitu lord. ada juga pendapat lain kalo ECU standaran sekarang pun pengembangannya ngikutin karakter motor desmosedici. jadinya semenjak ECU di standarin buat semua pabrikan ducati jadi lebih unggul karna dari awal pengembangannya itu.
@boimsenju5481
Күн бұрын
@@nocturialhighlight2252 yah nama nya juga teknik jahudi
@unitedbyron6554
3 күн бұрын
ECU ducati dipakai yamaha honda..... Logika nya dmn dorna??? 😅😂😅😂😅😂
@unitedbyron6554
3 күн бұрын
Dorna 🐂💩🐂💩🐂💩🐂💩😅😂😅😂
@tab_alt
4 күн бұрын
Bisa dibilang ECU inhouse Honda dan Yamaha itu lebih canggih yang mana bisa mengontrol motor balap mereka dengan sempurna dan itu jadi keunggulan. Entah dengan regulasi baru nanti di 2027, apakah performa duo Jepang akan meningkat dan bersaing dengan pabrikan Eropa? Kalau faktor aturan single ECU ini jadi masalah utama ya masih akan sulit untuk mendekati performa motor² pabrikan Eropa, kecuali mereka mau mengubah cara kerja dan pendekatan dalam pengembangan motor.
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@aldyardiansyah8372
4 күн бұрын
Bahs regulasi MotoGP musim 2027 dong 🤔🤔🤔🤔
@R_Gaming1987
3 күн бұрын
Terus aturan dan tujuan utama pengembangan prototipe di motoGP itu buat apa?
@unitedbyron6554
3 күн бұрын
Ingat magneti ecu yg ada malware buat menjatuhkan musuh ducati😅😂😅😂
@kadekputra7277
3 күн бұрын
awalnya honda yang paling menolak adanya aturan single ecu ! mungkin mereka"honda" bakal tau apa yang akan terjadi kedepannya!
@tjakdjoepri1373
4 күн бұрын
Honda paling menderita, jadi buntut melulu 😔
@gogopedia
3 күн бұрын
Melemah karena sudah waktunya memberikan kesempatan pabrikan lain
@andikaekaputra1115
4 күн бұрын
Kalau saja honda dan yamaha keluar dari moto gp, dan bikin kompetisi yg lain setara moto gp yg isinya pabrikan2 asia semua, yakin moto gp bisa sepi, dengan singel ecu seperti ini, terlihat moto gp seperti meng-anak tirikan pabrikan jepang, kalau memang ini balapan motor prototype, seharunya apa yg ada dimotor itu bebas team yg menentukan
@wahyueko7804
4 күн бұрын
Gak juga bro motogp asal dan tuan rumah nya itu eropa… dan seperti di F1 yang hampir semua pabrikan eropa tetap ramai.
@idrusaslakhan6693
4 күн бұрын
Saya sangat sejutu.. Kalo engga yamaha N honda Punya ecu sendiri... Ecu ada konpirasi Eropa untuk menenggelamkan Pabrikan Asia Ujung2 nge perang Dagang N dominasi sepeda motor dunia
@novisionpartyplanner8953
4 күн бұрын
Bahas tentang beginian selalu ada perdebatan yang pro dengan aturan single ECU menghambat pabrikan Jepang sedangkan ada yang kontra pasti selalu bilang kalau pabrikan Jepang masih bisa juara sampai 2021 sedangkan pabrikan Eropa baru mendominasi akhir-akhir ini mereka pada koar-koar dan itu sering banget dijadikan tameng bagi mereka yang kontra kalau debat padahal yang pro sudah ngasih fakta banyak tentang pabrikan Jepang yang kesulitan dengan softwarenya atau karena pembalapnya yang cocok dengan motornya dan selalu ada aja perdebatan tentang single ECU ini sampai kapanpun tidak pernah ada habisnya
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@AkhmadAymanMakarim
3 күн бұрын
Kalo dengan alasan kesetaraan agar tim satelit bisa kompetitif kenapa dikasih motor yg setahun lebih tua ya gais ya? Motor spek pabrikan aja ada grade A dan grade B kok.
@user-tc7uw6ex5p
3 күн бұрын
Katanya moto gp balapan motor prototype tapi gak boleh pake ecu inhouse, jatuhnya bukan murni prototype lagi dong
@Tekko_ajaib
4 күн бұрын
Balik ke ECU bawaan pabrikan aja
@rafayusuf88
3 күн бұрын
Kalah kompetesi akhirnya merubah regulasi
@togisinambela3734
3 күн бұрын
Dorna akan selalu mencari jalan gmn caranya Ducati tetap dominan.. Fakta..
@kaprios1709
4 күн бұрын
🧐..kompetisi untuk motor prototype..tapi di batesin dg penyeragaman elektronik dan ban...dg mengatasnamakan agar bisa menekan biaya..sehingga peserta privater gak keteteran di banding team pabrikan.. 🙄..lucu seeh... tapi kalok kasih emot ketawa akan ada yg tersungging eH tersinggung...
@wahyueko7804
3 күн бұрын
@@kaprios1709 nanti kalo terlalu canggih.. dan full elektronik, banyak lagi yang bilang.. gak asik gak seru.. minta elektronik di batasin. Begitu di batasin dan di seragamkan.. minta dikembangin masing2.. kok rewel benar.
@momoofficialchannel442
3 күн бұрын
gini min.....lu sadar ngk sekarang sepeda motor di ajang balap mengharuskan ducati menang, WSBK, MotoGP, BSB,dll ducati harus menang,,,,di wsbk saat ini ada BMW bersama Toprak yg menghentikan dominasi Ducati,di MotoGP tidak ada sama sekali pabrikan yg mampu menghentikan Ducati,dorna sengaja menerapkan single ECU magneti marelli dimana hanya Ducati yg sesuai karena ducati memang dasarnya magneti marelli dari Itali dan Ducati dari Itali.... sekarang ajang balap motor adalah promosi ducati untuk menguasai pasar,ingat tidak ada orang eropa yg akan mengakui bahwa asia lebih baik secara teknologi,,,,untuk sekarang nikmati saja promosi ducati melalui ajang balap motor,2027 dimana regulasi berganti dimana tim bebas menggunakan perangkat elektronik dari pabrikan masing-masing aero di kurangi,kalo ngk melempem lagi tu Ducati di tangan honda dan Yamaha,skrng itu mereka lagi berusaha menurunkan famor pabrikan jepang yg menguasai pasar internasional
@pluto1926
3 күн бұрын
Narasi yang ngaco. silakan baca tmc blog, biar tambah wawasan.
@spilnerray
3 күн бұрын
Rem & velg yg dipake di motogp tuh dr Italia... Ducati pabrikan tersukses di wsbk tuh... Thn 2012 yamaha udah pake magnetti marelli
@spilnerray
3 күн бұрын
@@pluto1926yup benar tuh blog memang mantap
@revything
3 күн бұрын
lucunya magneti marelli sekarang diakuisisi perusahaan jepang calsonic....harusnya perusahaan jepang lebih moncer
@yhanra5423
4 күн бұрын
Dri awal di adakan nya single ecu saya kurang setuju sih. Karna masing-masing pabrikan punya racikan nya sendiri biar ada karakter nya masing-masing bukan di sama ratakan elektronik nya kalo gitu mah udh bikin Ducati cup aja 😂
@hengkigunawan871
4 күн бұрын
dulu gk gada tuh yg namanya honda cup dan yamaha cup,, dan agak konyol juga masalah ECU di jadikan alasan 😂 padahal sejak berlakunya singel ecu honda masih mendominasi dary 2017-2019,susuki juga dan yamaha juga lewat quartararo 😂😂😂 ducati baru dua musim udah pada pake istilah ducati cup 😂😂😂😂 konyolll sekali
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@ryndwptra
2 күн бұрын
harusnya Yamaha dan Honda pakai ECU juken, di jamin auto ngacir 🗿🗿🗿
@omambiyik5309
4 күн бұрын
Jadi, ducati menang karena membonsai pabrikan lain, ini mah bukan kompetisi
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@yukotanak
2 күн бұрын
Aduh bisa ga balapan gausa ada elektronik. Cukup masukin gigi, gas, rem aja
@widhyas2146
4 күн бұрын
Percuma di kasih penjelasan,fans pabrikan Jepang GK bakal terima fakta 😂
@arieepbudhie1528
3 күн бұрын
Sekarang yg full prototipe hanya moto3
@ArifinPin-e1f
4 күн бұрын
Ga apa biar ducati dan motor eropa,bisa bersaing klo yamaha dan honda terus ga adil,masa hampir puluhan tahun jepang yg menguasai,
@wdm2771
3 күн бұрын
Petinggi moto gp kan orang eropa jadi ya gitu dah.. 😂 teknologi dah bagus malah di downgrade emang kochaak
@agathahenry8160
3 күн бұрын
Komen aku single ecu untuk mengebiri pabrikan jepang.
@hengkigunawan871
4 күн бұрын
tapi kan tapi di taun 2017-2019 walaupun pake singel ECU masih bisa juara dan susuki juga quartararo juga ...ducati baru 2 musim mendominasi, jadi gak etnis juga ECU jadi kambing hitam 🗿
@agusgunawan3482
3 күн бұрын
😅😊
@RahmatBilsadar
4 күн бұрын
Jadi bukan peforma motor eropa yang meningkat tetapi peforma motor jepang yang di perlambat, agar seimbang dengan motor eropa😂😂😂
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Nah itu konspirasi jahudi
@zen-rg1gt
4 күн бұрын
"Persaingan lebah ketat. Lebih banyak tim(ducati) bersaing di papan atas."
@aldyardiansyah8372
4 күн бұрын
Bener sekali sekarang MotoGP jadi Ducati cup , beruntung Marc Marquez hengkang ke Ducati 🤔🤔🤔
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@abdgani9242
3 күн бұрын
Klo gitu biaya sama mhl aja
@senggolbacok7702
3 күн бұрын
Kalau bukan masalah singel ecu Rossi gak bakalan ngeluh kalau m1 jadi banyak masalah, yang saat itu cuma Rossi saja yang mengalami disaat pembalap Yamaha yang lain belum mengalami hal yang sama dengan nya
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Rossi ngeluh ban belakang terus 😂 pembalap lain bisa juara dunia normal cuma dia aja yang ngeluh ban kalau kalah
@wahyueko7804
3 күн бұрын
@@boimsenju5481 karena rossi pembalap yang tinggi besar.. dia yang paling di rugikan kalo ban cepat aus..
@boimsenju5481
3 күн бұрын
@@wahyueko7804 di kira pembalap lain gak ada masalah sama ban cepet haus. Gimana rider nya aja bukan soal kemampuan ban. Rossi hebat memang, tapi kalau kalah nyalahin ban itu gak pantas buat juara segede rossi
@wahyueko7804
3 күн бұрын
@@boimsenju5481 rossi seorang legenda motogp bro.. kok bisa bisa ya di bilang gak pantes. Seorang pembalap itu memang di wajibkan memberikan input pada tim nya agar bisa membuat motor lebih baik. Dan itu yang rossi lakukan bertahun tahun, termasuk juga mengeluh soal ban nya yang sering spinning waktu keluar tikungan. Harapanya agar yamaha bisa memperbaiki masalah itu dan membuat motor yang lebih kompetitif. Ya memang rata2 rider italia karakternya seperti itu, oleh karena itu mereka cocok untuk developer motor.. beda dengan rider2 spanyol yang memang gak banyak komentar soal motornya..
@boimsenju5481
3 күн бұрын
@@wahyueko7804 input kepada tim, lu kira tim yamaha yang bikin ban balap 🥱 gak pantes pembalap hebat ngeluh kalau KALAH AKIBAT BAN ketika pembalap lain JADI JUARA. Ngerti gak? Apalagi di akhir masa sebelum pensiun, mana bisa dia masuk 10 besar, balapan cuma gitu gitu aja mirip anak matik kalau lagi roaming. Developer motor apaan dia aja gak bisa bikin motor, karakter? Lu kira pembalap ducati yang lulusan VR46 doyan ngoceh kalau kalah
@yulistriman7602
3 күн бұрын
sejak icu di sragamkan krnapa mm93 dan hondanya masih bisa juara dunia sampai 2019,,?
@boimsenju5481
3 күн бұрын
Sebener nya mereka kuat, kalau pakai ECU BUATAN SENDIRI BUKAN BUATAN ITALIA YANG DI PROGRAM PAKAI BAHASA ITALI
@miftakhuljannah6959
4 күн бұрын
selama ecu seragam gelar jurdun untuk yamha n hondaa hanya mimpiii
@spilnerray
3 күн бұрын
ECU seragam dr 2016...honda & yamaha udah pernah juara dunia tuh
@RaretimoNdaaa-cd9sp
3 күн бұрын
Tpi sekarang yamaha ama el diablo udh mulai ngacak acak barisan top 5😂
Пікірлер: 325